Ekstra Malhikdua

Globalisasi mendorong adanya modernisasi dalam segala aspek kehidupan & yg pasti dituntun oleh kemajuan teknologi lintas batas untuk mempermudah segalanya, membuat manusia palah-pilih dalam segala hal. Ambillah contoh dunia pendidikan. Setiap awal tahun para orang tua pasti sibuk mencari sekolah bermutu bagi putra-pitrinya. Tak jarang merea rela merogoh saku jutaan rupiah demi membayar daftar ulang sekolah, meskipun setelah itu putra-putrinya tak mampu mengemban amanah, karena hanya berpikir yang penting berangkat sekolah .

Menjawab persoalan ini, Malhikdua school hadir memberikan solusi. Madrasah Aliyah Alhikmah 2 ( Malhikdua) adalah SMU berciri khas agama islam berstatus Terakreditasi A dengan memadukan 3 kurikulum yaitu Kurikulum KTSP,Depag, dan Pesantren. Selain itu dilengkapi pula dengan program spesifikasi. Sekolah yang memiliki ruang belajar 3 lantai ini selalu balance dalam menjalankan program yang dipadukan dari ketiga kurikulum tersebut. Dimana kurikulum KTSP & Depag diajarkan pada pagi hari, sedang kurikulum Pesantren & program spes diajarkan di sore hari sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan seoptimal mungkin. Kurikulum pesantren yang membekali pendidikan islami, berisi pengajian Kitab Fathu Al Qarib yang diajarkan secara terjadwal. Namun untuk bulan Ramadhan pengajian secara sentral & dilaksanakan setiap hari ( lebih dikenal dg istilah Pasaran ). Kitab Fathu Al Qarib membahas masalah fiqih. Kitab ini merupakan kitab syarah dari kitab Matnu Ghayah Al Ikhtisar ( menjelaskan kitab sebelumnya ). Demi terciptanya disiplin siswa, pengajian kitab ini wajib diikuti semua siswa sesuai jadwal & ketentuan yang berlaku. Bagi siswa yang tidak hadir tanpa keterangan lebih dari 9 kali dalam setahun, maka tanpa toleransi siswa tersebut dipecat sebagai pelajar Malhikdua School. Bahkan hasil afsahan ( memberi makna pada kitab dengan bahasa Jawa & berhuruf Pegon ) kitab Fathu Al Qarib ini menjadi syarat pengambilan ijazah kelulusan.

Kegiatan ekstrakurikuler lainnya adalah program spesifikasi. Sesuai dg visi Malhikdua School                                                                                                                                                                                       Unggul dalam prestasi, kokoh beragama dan terampil dalam hidup                                                                                                                                                                                       maka disediakan 5 program spesifikasi, yaitu Spes. Komputer setara D-1, Tata Busana, Perikanan, Pengelasan, dan Bahasa Inggris. Dimana spes. Ini bersemboyan                                                                                                                                                                                       Sekolah sambil kursus, Kursus sambil sekolah                                                                                                                                                                                      .

Benar adanya. Hidup di era masa kini sekolah tinggi seolah tak dihargai. Terbukti banyak sarjana yang hanya berkelana. Padahal sebelumnya, betapa besar perjuangannya untuk bisa diwisuda. Demi menyambung hidup, sekolah tinggi bukanlah prioritas utama. Namun life skill lebih berperan aktif didalamnya.Meski menuntut ilmu adalah tujuan utama sekolah, namun pada pada kenyataanya adalah mencari kerja dg mengandalkan ijizah. Dan akhirnya hanya menjadi pengangguran karena terbatasnya lapangan pekerjaan. Maka dari itu kelima spes. yg dirancang Malhikdua diharapkan mampu mengatasi hal tersebut. Karena seharusnya siswa Mallhikdua bukan mencari pekerjaan, tapi menciptakan lapangan pekerjaan.

Semua program spesifikasi memiliki keunggulan masing-masing. Program ini pun didukung oleh fasilitas & workshop yang memadai. Dan dipertajam dengan PKL di berbagai instansi yang menjadi mitra Malhikdua. Selain itu, bagi siswa yang lulus ujian akhir dari masing-masing spes. akan diperoleh sertifiat resmi dari Disnakertrans.

Inilah kegiatan ekstrakurikuler yg bukan hanya sebagai pengisi waktu luang diluar kegiatan intrakurikuler, namun juga sebagai pengembangan life skill untuk bekal masa depan yang diterapkan langsung oleh Malhikdua School, demi mencapai misinya yaitu                                                                                                                                                                                       Menyiapkan siswa yang bermutu, berwawasan IMTAQ ( Iman & Taqwa ) & IPTEK ( Ilmu Pengetahuan & Teknologi ) serta siap mandiri di masyarakat melalui peninggkatan mutu tenaga kerja yang berdedikasi tinggi, pengembangan kurikulum, optimalisasi fasilitas, sistem pelajaran yang profesional, penggalian serta pengembangan sumber dana secara maksimal & proporsional sehingga mampu bersaing pada era AFTA ( Asean Free Trade Area ) & AFLA ( Asean Free Labour Area ).

Facebook Comments

Leave a Reply

  1. damai_wardani
    ·

    Wah…. suatu program yang menarik. Ternyata masih ada sekolah plus pesantern yang terencana da baik. Semoga harapan Malhikdua bisa tercapai.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *