Manusia bagai air

Edisi Di Tiparlah Saya Tahu 1

BSK merupakan agenda tahunan dari ORDA HISBAN ( meliputi Wonosobo, Banjar Negara, Cilacap, Purbalingga, Purwokerto, dan Kebumen ). Program yang melatih mental dan bermasayarakat ini lumayan mengesankan. Tak hanya itu, dua buah kajian dalam BSK ini ( Sosial dan Keagamaan ) memberikan saya pelajran yang amat berharga. Diantanya adalah yangakan saya bagi dalam blog ini.

Acara pembukaan BSK di Balai desa memberi saya satu inspirasi. Pesan pembina HISBAN ( Ust. Hanif ) memang benar. Manusia bagaikan air. Tiga per empat tubuh manusia pun terdiri dari air. Bahkan sifat-sifat manusia memiliki banyak kesamaan dengan air.Salah satunha adalah air tidak pernah mengalir ke tempat yang lebih tinggi. Dikandung maksud bahwa air itu selalu merendah. Begitu pun seharusnya manusia. Selalu rendah hati dan tidak membusungkan dada. Karena sesungguhnya yang pantas menyombongkan diri hanyalah Dzat Yang Maha Kuasa, Dzat yang Maha Sempurna, dan Dzat Yang Maha Segala-galanya, yaitu Allah SWT.

Apa yang pantas dibanggakan dari manusia? tempat salah dan lupa? ataukah rasa malu yang kini sudah tak laku?

Sudah menjadi sifat air, ketika air itu dibendung, pasti akan mencari celah agar tetap bisa mengalir. Dan semakin dibendung, maka air tersebut semakin membludags hingga menghancurkan bendungan tersebut. Begitu pula manusia. Ketika manusia dihadapkan dengan suatu masalah, seharusnya manusia berinisiatif mencari jalan penyelesaian masalah tersebut.

Ust. Fikri pernah mengatakan, Sesuatu yang semakin digencet, akan semakin keluar sari patinya semakin manusia dihadapkan dengan kesulitan, maka akan membuat manusia semakin bermutu bila mau solving apa yang dihadapinya.

Selama kita masih bernapas, masalah pasti akan terus membuntuti hembusan napas kita. _Tak lain halnya dengan BSK. Masing-masing peserta harus menjalankan tugas dan bertanggung jawab terhadap os yang ditempatinya_. Namun, dari situlah kita berproses menjadfi dewasa, emncari jati diri dan mengerti apa makna hidup sebenarnya.

* Thanks, for all..*

Facebook Comments

Leave a Reply

1 Comment


  1. ·

    ehm. Sobat bloggerku ini kalau berpetuah kaya guru kungfu. Ha.ha.ha

    Nice post de

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *