Opik #8: Permainan Masa Kecil yang Paling Kuingat itu….

Sob, punya permainan masa kecil yang masih diingat sampai sekarang? Atau bahkan masih sering dilakuin? Yang jelas bukan permainan menggunakan gadget dong. Bukan PS alias playstation, bukan game online, bukan juga game di mobile phone, tablet, or sejenisnya.

Ini permainan murni pakai properti yang memang dibutuhkan dalam permainan itu. Bolehlah dibilang permainan jadul, permainan tradisional, atau permainan kuno. Tapi buatku, lebih enak menyebut permainan masa kecil. Selain kulakuin saat masih kecil (usia SD), permainan ini sudah sangat langka hari ini. Sayangnya kucari di museum kok nggak ada. Padahal ini salah satu khazanah peradaban atau kekayaan sejarah daerah.

Permainan masa kecil yang paling kuingat itu “Gatheng”, dibaca ‘e’ (seperti mengucap ‘bebek’) bukan ‘e’ (seperti mengucap ‘beli’). Permainan ini menggunakan Kuwuk dan bola bekel (dibaca be -seperti ‘bebek’- dan kel -seperti mengucap ‘keluarga’). Pernah dengar Kuwuk, sob? Itu lho, terbuat dari kerang warna putih, cream, atau coklat. Ukurannya kecil, sedang, besar. Bisa pecah, semacam piring tapi Kuwuk lebih tipis.

Cara mainnya:

1. Permainan terdiri dari dua orang cewek
2. Posisinya duduk di lantai, pastikan lantainya tidak beralas tikar atau karpet agar lebih mudah bola memantul
3. Bola bekel dipegang oleh jari telunjuk dan jempol, sedangkan 6 buah kuwuk dalam genggaman. Itu pakai 1 tangan ya, sob.
4. Bola bekel dilempar ke atas setinggi mata atau wajah, sambil jemari menyebar kuwuk atau meletakkan kuwuk di lantai.
5. Sebelum bola bekel menyentuh lantai, tangan harus sudah menangkapnya. Kalau bola jatuh ke lantai, permainan selesai alias kalah.
6. Setelah bola tertangkap, bola di lempar lagi sambil jemari memainkan kuwuk
7. Dimulai dari mengambil 1-1 dalam sekali lempar bola, dilanjut 2-2 sampai 6 kuwuk sekaligus.
8. Kuwuk juga dibuka-tutup posisinya
9. Aturan dalam mengambil kuwuk bisa macam-macam, tergantung kesepakatan. Yang jelas, begitu bola menyentuh lantai, berarti dia kalah.
10. Pemenang dihitung dari jumlah kuwuk yang bisa diambil. Yang paling banyak, itu pemenangnya.

Agak ribet ya, sob? Sebenernya kalau langsung dipraktikkin mah gampang. Suer. Sayangnya ini koneksi lelet, aku kesulitan mengupload gambarnya.

Mau coba main Gatheng sama aku?

Tapi jawab dulu dong, apa permainan masa kecil yang masih kamu ingat? Jelasin cara mainnya juga, ya!

Selain Gatheng, aku ingat dulu sering main Sulamanda, Pecak Lele, Ular Tangga, Dir-Diran (masukin kelereng ke lubang tanah), Lumpatan (lompat tinggi pakai karet gelang disambungin), dan masih banyak lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *