Tiga Tools Favorit Mempersiapkan Tulisan

Sebelumnya saya telah berbagi tips dalam mempermudah kepenulisan, salah satunya adalah : Tulis apa yang Anda pikir, bukan pikir apa yang Anda tulis. Dalam kiat ini, kecepatan tulis/rekam menjadi sangat penting sehingga perangkat yang dibutuhkan tak lagi memerlukan mekanisme SAVE seperti aplikasi word. Realtime, apalah bahasanya, pokoknya otomatis tersimpan tanpa menyimpan.

Itu salah satu parameter kebutuhan, lainnya seperti kebutuhan bookmark, grab data, voice record, bisa kamu temukan pada penjelasan di bawah. Apa saja perangkatnya?

OneNote

Perangkat paling awal yang saya pakai, disaat masih aktif diberbagai organisasi. Kalau nggak salah ingat, saat masih Aliyah saya sudah menggunakannya. Saya tertarik dengan OneNote karena memiliki pola yang hampir mirip notebook (buku catatan).

OneNote mengorganisasi ide dan pemikiran dengan baik. Kita dapat menuliskan catatan, pemikiran, ide, coretan, pengingat, dan semua jenis informasi lainnya dalam OneNote.

OneNote adalah tempat untuk mengumpulkan, mengorganisir, mencari, dan berbagi catatan, kliping, pikiran, materi referensi, dan informasi lainnya. OneNote memungkinkan kita menambah, memindahkan, dan menghapus apa saja pada halaman dan di bagian tersebut. Kita dapat menambahkan spasi lebih di mana dan kapan kita memerlukannya. Kita juga dapat menambahkan gambar, attach file, audio video recorder, drawing dan shapes. Oleh karena itu, OneNote merupakan media mencatat yang sangat powerfull karena kita bisa mencatat tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar, suara bahkan video.

Evernote

Kalau OneNote terpasang di laptop, perangkat satu ini jalan di mobile Android. Namanya Evernote. Yup, saya mulai menggunakan evernote saat pada waktu-waktu tertentu susah ngebuka laptop. (baca=males).

Tak jauh beda dengan OneNote, aplikasi canggih ini akan menyimpan segala macam rencana dan memo yang akan ingin Anda ingat di esok hari sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengingat semua rencana yang sangat banyak. Evernote akan bekerja otomatis untuk menyambungkan semua yang disimpan dalam Evernote Anda ke berbagai aplikasi pencatat memo lainnya di platform smartphone Anda.

Evernote memiliki banyak kelebihan yang tentunya akan membuat semakin tertarik untuk memiliki aplikasi ini di smartphone Anda. Kelebihan yang pertama adalah Evernote akan menjaga segala memo dan catatan Anda supaya tetap sinkron. Kelebihan Evernote yang selanjutnya adalah aplikasi ini akan bekerja baik untuk menyimpan segala macam yang Anda suka. Apabila Anda melihat foto atau video menarik di internet, Anda bisa menyimpannya di aplikasi ini. Tentunya ini akan membuat Anda semakin mudah dalam melakukan berbagai macam penyimpanan.

Anda juga bisa menyimpan alamat website favorit Anda di aplikasi ini. Anda bisa menyimpan teks, foto dan alamat linknya. Anda juga bisa mengumpulkan berbagai informasi penting dan menarik di aplikasi ini sehingga Anda bisa mengingat berbagai informasi yang penting untuk Anda ingat. Anda bisa menyimpan berbagai catatan, foto dan berbagai macam bentuk audio dari berbagai alamat website. Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam membagikan catatan Anda ke teman kerja Anda untuk kepentingan pekerjaan Anda. Semua proyek Anda akan berjalan lancer dengan aplikasi ini. Kelebihan yang lain dari aplikasi ini adalah Anda bisa menyimpan berbagai rencana dan acara penting ke dalam aplikasi ini sehingga Anda dapat mengingatnya kapan saja jika Anda membutuhkannya.

Google Keep

Saat mengetik di hape sudah menjadi hal yang merepotkan, alias malas. Duh, semakin kesini peradaban semakin bikin males rupanya :), saya mencoba aplikasi lain yang bisa merekam suara. Maka ketemulah Google Keep. Konsep utama dari Google Keep adalah memperbolehkan Anda untuk mencatat apapun secara cepat. Hal ini diimplementasikan dengan cara jika Anda lagi tidak dapat mengetik, maka mungkin Anda akan lebih tertarik membuat ‘voice memos’, yakni memo yang berbasis suara.

Google Keep menawarkan pencarian yang sangat cepat dari daftar memo yang mungkin sudah begitu banyaknya Anda catat karena Anda adalah orang sibuk. Begitu Anda sudah selesai dengan memo terkait, memo itu tidak langsung dihapus, Anda bisa memilih untuk menjadikannya arsip atau benar-benar menghapusnya.

Memo-memo atau catatan untuk Keep ini dapat dibuat, diakses dan diedit dengan mudah di web melalui http://drive.google.com/keep, fungsi-fungsi ini juga akan terintegrasi dengan Google Drive. Ini yang paling menarik, karena bisa langsung memanfaatkan space akun google yang telah dimiliki. Tak perlu membayar lebih seperti 2 perangkat sebelumnya.

Okey gais, sudah tahu kan perangkat-perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga konsistensi menulis. Yang saya bagi diatas adalah perangkat yang sudah teruji, seenggaknya untuk pemakaian sehari-hari ditengah kesibukan saya. Jika ada perangkat lain yang lebih baik, atau menjadi alternatif silakan tambahakan di bagian komentar.

Tulisan ini saya sajikan dalam rangka merayakan program #1hari1post di #RamadhanMalhikdua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *